Friday, January 18, 2008

Tanaman dalam Ruangan: Sehat dan Indah



Tanaman dalam ruangan atau indoor plants, semua orang mengetahui fungsinya untuk memperindah ruangan. Keindahan tanaman di dalam ruangan seringkali dapat menghilangkan stres anda ketika sedang ketika bekerja di ruangan kantor anda yang menjenuhkan. Keindahan indoor plants juga membuat anda nyaman dan betah berada di rumah. Ada banyak jenis indoor plants yang dapat anda pilih untuk memperindah ruangan anda. Karena fungsinya ini indoor plants menjadi bisnis yang menjanjikan. Tidak sedikit indoor plants yang berharga jutaan rupiah seperti jenis aglaonema.

Tapi ternyata indoor plants bukan cuman sekedar bisa memperindah ruangan. Indoor plants mampu mencegah berbagai penyakit berbahaya yang ternyata bersumber dari ruangan anda.

Pernah dengar "Sick Building Syndrome"? Didefinisikan sebagai "acute incidence of indoor air pollution that can occur in closed or poorly ventilated offices and residences". Timbulnya polusi udara akut di dalam ruangan atau rumah yang sangat sedikit ventilasinya

Beberapa studi yang dilakukan oleh EPA selama lebih dari 25 tahun menunjukkan level terukur 107 zat penyebab kanker di dalam rumah dan perkantoran modern. Adanya VOC's (volitile organic compounds) yaitu senyawa organik yang mudah menguap disebabkan karena pergeseran gaya hidup dari ruangan berjendela terbuka menjadi ruangan hemat energi dan membentuk lingkungan kerja.

Metode dan produk bangunan modern memang berhasil menciptakan rumah dan kantor yang hemat energi. Tetapi disisi lain, bangunan-bangunan modern juga membuat zat-zat beracun yang sebagian besar memicu kanker tetap berada di dalam ruangn. Pada kondisi ekstrem, bagunan-bangunan dengan kontaminan tingkat tinggi di kenal sebagai "Sick Buildings." Tentu saja dapat memberikan berbagai gangguan kesehatan pada penghuninya.

Sebagai contoh Trichloroethylene (TCE) yang biasa digunakan pada tinta print, cat, pernis dan bahan perekat. Pada tahun1975 the National Cancer Institute melaporkan adanya hepatocellular carcinomas yang diteliti dari tikus yang diberi TCE melalui gastric intubation. TCE saat ini dikenal sebagi senyawa yang sangat potensial menyebabkan kanker hati.

Seluruh barang di sekitar anda, di dalam ruangan anda, Meja baru, karpet, dan yang lainnya sangat berpotensi membuat anda “sakit”

Riset NASA melaporkan bahwa indoor plants bisa menurunkan jumlah VOC di dalam ruangan anda. Riset NASA dan beberapa riset lain mendukung manfaat tanaman di dalam lingkungan yang modern untuk meningkatkan kualitas udara di dalam bangunan.

Setiap tanaman memiliki kemampuan yang berbeda dalam membuang zat beracun tertentu di dalam ruangan anda. Philodendron, spider plant dan golden pothosformaldehyde. (sirih belanda)dikenal efektif untuk menghilangkan molekul-molekul

Tanaman-tanaman bunga seperti gerbera daisy dan chrysanthemums diketahui sangat efektif menghilangkan molekul-molekul benzene dari atmosfer. Tanaman lain yang juga juga efektif menghilangkan benzene dan lebih indah adalah Dracaena Massangeana, Spathiphyllum,dan Golden Pothos.

Menurut Wolverton, ilmuwan dari NASA's John C. Stennis Space Center "Plants take substances out of the air through the tiny openings in their leaves. But research in our laboratories has determined that plant leaves, roots and soil bacteria are all important in removing trace levels of toxic vapors". Tanaman mengambil zat-zat beracun dari udara dengan membuka sedikit daunnya. Tetapi riset di laboratorium kami telah menyelidiki bahwa daun, akar dan bakteri-bakteri dalam tanah, semuanya penting dalam proses membuang gas-gas beracun.

"Combining nature with technology can increase the effectiveness of plants in removing air pollutants. A living air cleaner is created by combining activated carbon and a fan with a potted plant. The roots of the plant grow right in the carbon and slowly degrade the chemicals absorbed there. Dengan memadukan alam dan teknologi dapat meningkatkan efektifitas tanaman-tanaman dalam membuang zat pencemar udara. Pembersih udara hidup diciptakan dengan memadukan karbon aktif dan kipas dengan tanaman dalam pot. Akar-akar tanaman akan tumbuh dengan baik di dalam karbon sehingga secara perlahan mendegradasi(menguraikan) senyawa-senyawa kimia yang terserap oleh karbon tersebut.

Nah, ingin rumah anda sehat dan indah? Segera beri indoor plants.

No comments: